Sunday, July 21, 2013

Mengecek Power Supply

Power supply itu adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Yang pada intinya adalah pengatur sumber daya yang di butuhkan piranti elektronika, dan kalau Power supply ini rusak atau drop maka sudah dapat di pastikan akan mengganggu piranti lain, serta bahkan bisa menjadikan piranti lain tersebut tidak dapat hidup sama sekali.

Berikut ini trik yang bisa anda gunakan untuk mengecek power supply unit (PSU) adalah:



  1. Lepas semua kabel power supply yang terhubung ke motherboard
  2. Cari kabel yang sudah tidak dipakai dan potong sekitar 1 atau 2 centimeter panjangnya, kemudian kelupas di kedua ujungnya. (pada kasus ini anda bisa menggunakan semua alat yang bisa menghantarkan listrik semisal jepitan kertas dsb)
  3. Hubungkan kaki-kaki (lihat gambar) kabel power supply antara warna hijau dan hitam dengan kabel nomer 3 tadi
  4. Selanjutnya coba hubungkan power supply ke listrik



Keterangan:
Jika kipas power supply mati (tidak berputar), maka kemungkinan power supply mengalami kerusakan (mati). Namun jika kipasnya menyala maka ada kemungkinan yang rusak adalah pada bagian motherboard. Akan tetapi apabila kipasnya kadang menyala dan kadang tidak, ataupun memutarnya tidak lazim, maka kemungkinan PSU tersebut drop.

Demikian postingan kali ini dan semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Cheat/Script Radar MAP Hack Work 100% Update 12-03-2019

Banyak sekali script yang dibuat oleh para modder diupdate terbaru patch Guinevere ini. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagi...